Candi Borobudur - Kemegahan Situs Warisan dunia

Jakarta, www.IndvasiMediaIndonesia.com - Peninggalan sejarah yang sangat penting pada jaman Pemerintahan Wangsa Syailendra adalah "BOROBUDUR" , monumen yang berbentuk seperti bujur sangkar yang terdiri dari 6 (enam) teras dan tiga pelataran melingkar, dengan di warnai banyaknya panel relief sebanyak 2.672 seperti yang di lansir laman wikipedia.org. Monumen ini merupakan bukti-bukti sejarah Indonesia yang ditinggalkan sejak abad ke-14 dengan semakin kuatnya pengaruh Agama Islam ke tanah Jawa, sehingga Hindu dan Budha menjadi melemah. 

Borobudur ini banyak mengalami pemugaran yaitu merehabilitasi dengan maksud penyelamatan aset pemerintah yang juga menjadi bagian dari dunia internasional. Proyek pemugaran di gelar pada tahun 1975 hingga 1982 atas upaya Pemerintah Indonesia dan Unesco sebagai badan yang melindungi situs-situs sejarah di dunia, dan kemudian Borobudur menjadi situs warisan dunia.

Candi ini terletak di kecamatan Borobudur sekitar 3 km dari kota Mungkid (ibukota Kabupaten Magelang) Jawa Tengah, dan sistem struktur candi Borobudur ini berbentuk Piramida berundak dari susunan baru blok andesit yang saling mengikat dan mengunci. 

Bangunan keagamaan purbakala ini digunakan secara luas untuk bersembahyang, dan pertama kali ditulis dalam buku "Sejarah Pulau Jawa" karya Sir Thomas Stamford Raffles yang menulis tentang Monumen atau Candi Borobudur. red

Diberdayakan oleh Blogger.